Polda Tangkap Makelar Tanah Gelapkan Tiga SHM Senilai 43 Milyar

oleh -57 views
Polda Jatim rilis kasus penipuan dan penggelapan shm tanah

Surabaya (IndonesiaTangguh.com)- Petugas Ditreskrimum Polda Jatim menangkap satu tersangka makelar tanah yang menggelapkan tiga sertifikat milik warga Tambak Oso Kabupaten Sidoarjo. Modusnya, tersangka yang memberi korban cek bank palsu senilai 225 milyar selanjutnya menggadaikan ke tiga sertifikat sebesar 43, 7 milyar rupiah.

Tersangka makelar penggelapan tiga sertifikat hak milik (SHM) tanah ini berinisial A-W, warga Wonocolo Surabaya. Tersangka ditangkap polisi atas laporan dua orang pemilik sertifikat tanah yang ditipu sejak tahun 2017 hingga 2019 lalu.

Modusnya, tersangka yang mengaku bisa menjual tanah ini meminta sertifikat kedua korban dengan memberi jaminan cek bank palsu senilai 225 milyar.

“Untuk meyakinkan korban tersangka juga menunjukkan uang tunai sebesar enam milyar di dalam lemari, yang diduga merupakan uang palsu,” jelas Direktur Kriminal Umum Polda Jatim, Kombes Pol. Totok Suharyanto.

Setelah berhasil menguasai ke tiga sertifikat, tersangka lantas menggadaikan senilai 43, 7 milyar. Uang hasil penipuan tersebut digunakan untuk membeli rumah dan kendaraan mewah.

“Selain tersangka petugas juga menyita barang bukti kejahatan. Diantaranya sertifikat rumah, mobil mewah, tiga unit sepeda motor, serta barang lainnya,” imbuh Kombes Totok.

Tersangka dijerat dengan pasal 372 dan 378 KUHP serta Undang Undang TPPU dengan ancaman pidana penjara diatas lima tahun. (*)

 

 

No More Posts Available.

No more pages to load.