Kapolda Jatim Luncurkan 12 Kendaraan Dinas Berteknologi Incar dan Launching Aplikasi Skrip

oleh -56 views

SURABAYA (IndonesiaTangguh.com) – Ditlantas Polda Jawa Timur telah melengkapi kendaraan dinas dengan teknologi Integrated Node Capture Attitude Record (INCAR) dan  melaunching  aplikasi “Skrip”.  Sementara  Kapolda Jatim, Irjen Nico Afinta, Senin (15/11/2021) lakukan pelepasan kendaraan dinas tersebut, yang berlangsung di Taman Bungkul Surabaya.

Kegiatan tersebut dihadiri antara lain Kabid Humas Kombes Gatot Repli Handoko – Dirlantas Kombes Latif Usman, Kejati dan Dishub Jawa Timur dan Pejabat Utama  Ditlantas Polda Jatim.

Kapolda Jatim menjealskan, Kendaraan dinas Incar dilengkapi kamera pengawas di setiap kendaraan petugas yang terhubung dengan aplikasi.

Ada 12 kendaraan INCAR memakai sistem artifical intelligence, merupakan pengembangan dari electronic traffic law enforcement (E-TLE) atau tilang elektronik. Jadi kamera yang terpasang pada mobil operasional secara otomatis akan mengawasi dan menangkap para pelanggar lalu lintas.

“Saat ini sudah ada 12 kendaraan, dan kami memiliki 39 Polres, dan setiap Polres diharapkan memiliki satu atau lebih mobil INCAR,” jelas Kapolda Jatim.


Kapolda Jatim juga menjelaskan E-TLE/INCAR  akan melakukan pengawasan dan penindakan pada pelanggar lalu lintas, dengan menggunakan teknologi baik stasioner maupun bergerak. Selain itu, INCAR juga berbasis data yang terhubung dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil), sehingga memudahkan dalam proses identifikasi pelanggar.

“Tujuan dari program ini adalah mengakomodir perkembangan masyarakat terkait dengan pelayanan Polri serta mewujudkan program Presisi Kapolri. Sehingga dapat tercipta keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang tentunya melindungi, mengayomi, melayani masyarakat dan penegakan hukum bisa berjalan,”

“Incar dapat membantu mewujudkan lalu lintas aman dan lancar. “Tentu ini satu inovasi yang bagus, mudah-mudahan ini juga bisa menginspirasi di seluruh Indonesia. Karena keselamatan itu yang pertama dan utama. Mari gelorakan stop pelanggaran, stop kecelakaan untuk kemanusiaan,” pungkasnya. (mbah)

No More Posts Available.

No more pages to load.