Barang Bukti Diamankan, Giliran Penyidik Ditreskrimum Polda Jatim Periksa 18 Saksi Khilafatul Muslimin

oleh -24 views

Surabaya (IndonesiaTangguh.com) –  Kabid Humas Polda Jatim Kombes Dirmanto menegaskan, bahwa ada 18 anggota Khilafatul Muslimin Surabaya penuhi panggilan penyidik Kamneg, Ditreskrimum Polda Jatim, Kamis (9/6/2022).

Penuhi penggilan penyidik terkait pemeriksaan usai konvoi syiar yang dilakukan di beberapa ruas jalan protokol di Surabaya, diantaranya. Hal ini diduga menyebarkan ideologi yang bertentangan dengan undang undang.

Saat memasuki halaman Ditreskrimum Polda Jatim, mereka menggunakan mobil dan beberapa kendaraan roda dua, anggota khilafatul muslimin ini langsung memasuki ruang penyidikan Ditreskrimum Polda Jatim.

Dari 18 orang yang memenuhi panggilan tersebut berasal dari beberapa daerah di Surabaya Raya, termasuk diantaranya Madura dan Mojokerto.

Satu diantara yang memenuhi panggilan pada hari ini merupakan perempuan yang ikut melakukan konvoi .

Sementara itu,  Tim Subdit Keamanan Negara (Kamneg) Ditreskrimum Polda Jatim bersama Polrestabes Surabaya mendatangi kantor Khilafatul Muslimin Surabaya Raya di Jalan Gadel Sari Madya I A, Tandes, Surabaya, Rabu (8/6/2022) sekitar pukul  15.30 WIB, diantaranya barang bukti yang diamankan berupa Bendera, pamflet, buku maupun bagan struktur.

Tim Kepolisian dipimpin langsung Kasubdit I Kamneg Polda Jatim AKBP Achmad Taufiqurrahman. Setibanya di kantor Khilafatul Muslimin Wilayah Surabaya Raya, polisi  langsung menemui Amir Khilafatul Muslimin Surabaya Raya Aminuddin Mahmud dan beberapa pengurus yang ada di kantor.

Tim juga melakukan penggeledahan di dalam kantor yang sekaligus dijadikan musala. Tampak pula Tim Inafis Polda Jatim melakukan identifikasi di seluruh ruangan kantor.

Polisi terlihat membawa barang bukti berkas seperti majalah, bendera organisasi, baner, dan papan struktur organisasi dan beberapa dokumen diduga terkait organisasi.

“Tolong barang bukti dimasukkan ke dalam mobil,” ujar salah satu petugas kepolisian yang melakukan penggerebekan.

Selain melakukan penggeledahan di kantor, polisi juga mendatangi dan menggeledah salah satu rumah staf pengurus yang ada di gang setempat.

Sementara itu, Kasubdit I Kamneg Ditreskrimum Polda Jatim AKBP Achmad Taufiqurrahman mengatakan, Tim Subdit Kamneg mendatangi kantor Khilafatul Muslimin Surabaya Raya untuk melakukan kegiatan penggeledahan dan penyitaan beberapa dokumen dan surat-surat.

Hal itu sebagai bagian dari proses penyelidikan yang sedang berjalan di Polda Jatim. “Selanjutnya nanti barang berupa dokumen-dokumen bukti semuanya itu akan dibawa di kantor untuk di analisa, yang ada keterkaitan dengan masalah yang ditangani oleh Subdit I Kamneg Ditreskrimum Polda Jatim,” ujarnya kepada wartawan di lokasi, Rabu malam (8/6/2022).

Dijelaskan Taufiqurrahman, penyelidikan yang dilakukan polisi adalah terkait konvoi kebangkitan Khilafah.

“Terkait dengan konvoi nya, terkait dari pamflet, brosur yang disebarkan. Masih ada analisa nanti oleh penyidik, dikaitkan dengan keterangan saksi-saksi yang sudah dikumpulkan oleh penyidik,” terangnya. (red)

No More Posts Available.

No more pages to load.